04 April 2018

Kabut Air Kemilau di Air Terjun Telun


Oiii gaes gaes semua heheh ... Apa kabar kalian ? Baek lah ya yang pasti . hehe
Nih ada air terjun menarik lohh , yuk liat artikel ini ..

Air Terjun Telun




Terletak di Kabupaten Kerinci, air terjun berasap terlihat begitu cantik dan tersembunyi. Kenapa air terjun ini dinamai “Telun Berasap”? Telun Berasap rupanya ditujukan penduduk pada kabut air yang menguap di sekitar air terjun. Kabut ini sendiri tercipta dari proses jatuhnya air dari ketinggian 50 meter.

Keistimewaan Air Terjun Telun Berasap kian nampak Ketika butiran uap air dari Telun Berasap 'melayang' di udara dan berpantulan dengan sinar matahari, maka akan tercipta kemilau cahaya warna-warni bagaikan pelangi. Momen menyaksikan 'pelangi' inilah yang sering dinantikan para traveller saat datang ke kawasan air terjun tersebut.
Air Terjun Telun Berasap bisa kamu temukan di desa bernama sama, yaitu Desa Telun Berasap. Desa ini masuk wilayah kabupaten Kerinci. Lokasi air terjun ini cukup menantang, yakni berada di antara lebatnya pepohonan Taman Nasional Kerinci Seblat. Meski begitu, jalan menuju Air Terjun Telun Berasap bisa menyejukkan mata kamu.
Air Terjun Telun Berasap ditutupi lebatnya pepohonan dengan suara gemuruh air menghantam bebatuan terjal akan terdengar dari kejauhan sebelum Anda berada di hadapannya. Air terjun ini mengalir melalui tebing-tebing terjal dengan ketinggian sekira 50 meter. Kubikan air mengalir melalui formasi bebatuan dimana sumbernya dari aliran air sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.
Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah  goa namun terbilang sulit dimasuki. Itu karena deras dan banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan terjalnya batu karang di sekitar air terjun membuat belum ada yang bisa masuk ke dalam goa dan meneliti keadaan di dalamnya.
Kebanyakan pengunjung yang datang ke Telun Berasap memilih untuk menikmati pemandangan dari pondok-pondok yang berada di sekitar area ini. Namun bagi Anda yang bernyali tinggi, cobalah naik ke atas air terjun untuk mendapatkan pemandangan berbeda. Kamu bisa naik ke atas air terjun dan berdiri di salah satu bebatuan di sana. Jangan khawatir bakal tenggelam di sana. Pasalnya, dasar airnya tidak dalam, kamu hanya perlu waspada dengan banyaknya batu
Perlu diketahui, Air Terjun Telun Berasap bukanlah air terjun yang memungkinkan Anda untuk melakukan loncatan dari atas ke bawa air terjun, karena dasar air terjun tersebut tidak dalam dan berbatu di tepi alirannya.
 Untuk sampai di Air Terjun Telun Berasap, kamu harus menghabiskan waktu selama 10 jam berkendara dari Jambi.





 
Thank youuu (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak Perlu Khawatir! Layanan SehatQ Cocok Digunakan Semua Kalangan

Hellowww sobat mom semuaa... Wah, kembali lagi dengan aku. heheh... pasti pada kangen yah.. soalnya aku udah lama banget tidak nulis di blog...