02 April 2018

Fakta dan keunikan si Danau Toba di Sumatra Utara


 
 Hi gaes .. Nah sekarang saya akan memberikan daya tarik wisata yang ada di Medan loh .. Hayoo siapa yang orang Medan ??? hehehe . Nih saya akan memaparkan tentang Danau Toba yang berada di Pulau Samosir gaes .. Untuk lebih mengerti yukk simak yang satu ini ....



Keindahan Danau Toba


Dengan ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat Danau Toba begitu sejuk dan indah. Banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling Danau Toba menambah keindahan danau ini.

Di sebelah utara Danau Toba masih bisa dijumpai berbagai fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet. Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.
Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan yang benar-benar sejuk.
Anda dapat mengamati lekuk indah Danau Toba melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya begitu indah mengingat menara ini berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang.
Jika ingin menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa memilih berbagai penginapan di daerah Parapat. Di Parapat ada beberapa hotel dan resor dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.


Fakta Menarik tentang Danau Toba


  • Panjangnya mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer.
  • Diakui sebagai danau vulkanik atau danau kawah terbesar di dunia.
  • Merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
  • Jumlah air di Danau Toba cukup untuk menggenangi seluruh Kerajaan Inggris hingga setinggi kira-kira satu meter.
  • Pulau Samosir di tengah Danau Toba memiliki luas 647 kilometer persegi yaitu hampir sama dengan Republik Singapura.
  • Danau di atas danau, itulah yang terdapat di Pulau Samosir, karena memiliki dua buah danau di tengah-tengah pulau yang berada di tengah Danau Toba.
  • Terbentuk akibat salah satu letusan terdahsyat Gunung Toba, yaitu gunung berapi supervulkan sepanjang sejarah sejak bumi terbentuk dan yang terbesar dalam dua juta tahun terakhir. Letusan Gunung Toba yaitu sekitar 74.000 tahun yang lalu membuat bumi menjadi dingin karena debu vulkanik menutupi permukaan bumi sehingga suhu di bumi berkurang hingga 10 derajat Celcius dan debu vulkanik mencapai Greenland di kutub utara dan Antartika di kutub selatan.
 
 

sumber : https://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/506-danau-toba-samosir-sumatera.html



Nahh .. itulah tadi sedikit cerita menarik tentang Danau Toba gaess

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak Perlu Khawatir! Layanan SehatQ Cocok Digunakan Semua Kalangan

Hellowww sobat mom semuaa... Wah, kembali lagi dengan aku. heheh... pasti pada kangen yah.. soalnya aku udah lama banget tidak nulis di blog...